Strategi Penjualan Carefour : Tips Belanja Hemat

Untuk mengetahui sebuah strategi penjualan secara sekilas, anda tidak perlu magang terlebih dahulu di sebuah perusahaan.  Bila hanya sekilas, kita bisa menangkapnya dari program-progman yang mereka lakukan apalagi bila itu dilakukan secara intens.  Salah satu yang akan kita bahas di sini adalah Carefour, saya bukan praktisi pemasaran atau ahli di bidang pemasaran, hanya saja saya adalah pengagum Carefour yang cukup lama bertetangga dan mengamati perilaku penjualannya.  Dan tidak semua aksi pemasarannya akan kita bahas di sini tetapi saya akan membahas satu saja, yaitu pencitraan harga.

Anda mungkin sudah sangat hafal dengan tulisan 399.999 atau 664.899 atau sejenisnya.  Sebetulnya apa sih fungsi penulisan seperti itu apa tidak membingungkan calon pembeli ?  Jawabannya adalah justru itu dibuat agar anda bingung🙂.   Ya, betul.  Carefour atau pun hipermarket sejenis sering mencantumkan seperti ini supaya secara psikologis terkesan murah.  Coba perhatikan tulisan 400.000 dengan 399.999, terkesan murah mana ? Pasti yang kedua sebab kepalanya angkanya telah turun dari 4 menjadi 3 hanya dengan mengurangi 1 digit saja.  Sekilas anda mungkin mencemooh, ” saya tidak terkecoh dengan permainan angka itu. ”  Sekali melihat mungkin tidak, tapi bila anda membeli banyak sekali belanjaan dengan item yang berbeda-beda di tengah ribuan barang dengan label mirip belakangnya lama-lama pasti bingung, apalagi anda mengejanya : tiga ratus sembilan puluh sembilan dst…  Anda pasti selalu mengejanya dari awal dan setiap mengeja secara affirmatif anda akan mengeja kepala harga yang notabene lebih kecil dan itu dilakukan berulang-ulang sehingga secara tidak sadar alam bawah sadar anda tidak terasa bahwa itu sebetulnya 400.000 kurang 1, bukan tiga ratusan.  Karena itu saya menyarankan anda agar membaca harga itu secara terbalik atau menggenapkannya.  Itulah yang biasa saya dan istri lakukan saat belanja ke Carefour.  Kami biasa membacanya 400.000 kurang 1, 600.000 kurang 1 agar tetap terjaga memori rasionalnya…🙂 .. Waah gak terasa udah terlalu sore… sebetulnya ada lagi yang ingin disharing, tapi disambung kapan-kapan kalau keingatan dan ada kesempatan …🙂

0 Responses to “Strategi Penjualan Carefour : Tips Belanja Hemat”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Cuci Gudang Aneka Barang

CERIA PERAGA TK & PAUD


%d blogger menyukai ini: